Resep Ikan Bawal Pesmol Bumbu Kuning

Halo Sobat Ancux! Selamat datang kembali di artikel kami kali ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi resep ikan bawal pesmol bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan ikan segar yang disajikan dengan bumbu kuning yang kaya rasa? Yuk, simak resepnya berikut ini!

Pendahuluan

Sebelum kita masuk ke dalam resep ikan bawal pesmol bumbu kuning, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu ikan bawal pesmol. Ikan bawal pesmol merupakan salah satu hidangan tradisional Indonesia yang terkenal di berbagai daerah. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara-acara spesial atau saat makan bersama keluarga.

Ikan bawal pesmol memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dari hidangan ini adalah daging ikan yang lezat dan gurih, serta bumbu pesmol yang kaya akan rempah-rempah. Namun, kekurangan dari hidangan ini adalah waktu yang diperlukan untuk memasaknya yang relatif lebih lama dibandingkan dengan hidangan ikan lainnya.

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep ikan bawal pesmol bumbu kuning yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah dan praktis untuk dipraktikkan di rumah. Selain itu, kami juga akan memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari resep ini. Yuk, kita mulai dengan bahan-bahan yang dibutuhkan!

Bahan-bahan

Sebelum memasak ikan bawal pesmol bumbu kuning, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan Jumlah
Ikan bawal 1 ekor
Bumbu kuning 3 sendok makan
Santan 200 ml
Daun jeruk 3 lembar
Jahe, memarkan 2 cm
Lengkuas, memarkan 2 cm
Serai, memarkan 1 batang
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Air jeruk nipis 1 sendok makan
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Setelah semua bahan sudah siap, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya!

Langkah Pembuatan

1. Bersihkan ikan bawal terlebih dahulu. Cuci bersih ikan bawal dan lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit agar ikan tidak amis. Setelah itu, bilas kembali ikan bawal dengan air hingga bersih.

2. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng ikan bawal hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bumbu kuning hingga harum. Tambahkan daun jeruk, jahe, lengkuas, dan serai. Aduk rata.

4. Masukkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga santan mendidih dan bumbu meresap.

5. Masukkan ikan bawal yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga ikan terbalut bumbu kuning. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.

6. Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk memberikan rasa yang pas.

7. Angkat ikan bawal pesmol bumbu kuning dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Hidangkan selagi hangat dengan nasi putih dan pelengkap lainnya sesuai selera.

8. Selamat menikmati!

Kelebihan dan Kekurangan Resep Ikan Bawal Pesmol Bumbu Kuning

Setiap hidangan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan resep ikan bawal pesmol bumbu kuning ini. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari hidangan ini:

Kelebihan:

1. Rasa yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini menggabungkan bumbu kuning yang kaya rempah dengan daging ikan bawal yang gurih, menciptakan perpaduan rasa yang luar biasa.

2. Bumbu kuning yang kaya rempah memberikan aroma harum dan cita rasa yang khas pada hidangan ini.

3. Hidangan ini cocok disajikan pada acara-acara spesial atau saat makan bersama keluarga.

4. Ikan bawal pesmol bumbu kuning juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh, terutama protein dari ikan bawal.

5. Resep ini mudah dan praktis untuk dipraktikkan di rumah, sehingga kamu dapat menikmati hidangan lezat ini kapan saja.

6. Hidangan ini juga dapat disimpan dalam lemari es dan dihangatkan kembali saat ingin dinikmati lagi.

7. Hidangan ini memiliki tampilan yang menarik dan bisa menjadi hidangan utama yang menggugah selera.

Kekurangan:

1. Waktu yang diperlukan untuk memasak hidangan ini relatif lebih lama dibandingkan dengan hidangan ikan bawal lainnya.

2. Beberapa bahan yang digunakan dalam resep ini mungkin sulit ditemukan di beberapa daerah.

3. Beberapa orang mungkin tidak menyukai aroma rempah yang kuat pada hidangan ini.

4. Hidangan ini tidak cocok untuk mereka yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini, seperti ikan atau rempah-rempah tertentu.

5. Hidangan ini mengandung santan yang tinggi lemak, sehingga perlu dihindari oleh mereka yang sedang menjalani diet rendah lemak.

6. Hidangan ini tidak cocok untuk mereka yang tidak suka dengan makanan pedas, karena bumbu kuning yang digunakan dalam hidangan ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi.

7. Hidangan ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan tidak terlalu menggoda selera.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan ikan lain selain bawal untuk resep ini?

Tentu saja! Anda dapat menggunakan ikan lain seperti ikan nila atau ikan mas untuk resep ini. Namun, pastikan memilih ikan yang segar agar hasilnya lebih lezat.

2. Apakah saya bisa menggunakan bumbu pesmol instan?

Tentu saja! Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat menggunakan bumbu pes